Minggu, 04 Januari 2009

KTSP di Sekolah Baptis

Sekolah Baptis Cengkareng Indah yang didirikan tahun 1995 menggunakan kurikulum Nasional, dimana saat itu kurikulum yang diberlakukan adalah kurikulum 1994. Mulai tahun 2007 telah dipercaya oleh Direktorat Pendidikan Dasar menjadi sekolah pelaksana Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Sehingga pada tahun pelajaran 2007/2008 Kurikulum KTSP telah dilaksanakan secara menyeluruh di kelas I - VI untuk tingkat SD, di kelas VII, VIII dan IX untuk tingkat SMP dan di kelas X , XI, XII untuk tingkat SMA.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 (UU 20/2003) tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah RI No. 19 tahun 2006 (PP. 19/2006) tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan setiap satuan pendidikan untuk membuat Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sebagai pengembangan kurikulum yang akan dilaksanakan pada tingkat satuan pendidikan yang bersangkutan.

Selain itu, penyusunan KTSP mengakomodasi penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang sudah mulai dilaksanakan sejak diberlakukannya otonomi daerah sehingga dengan penyusunan KTSP memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.
Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di SMP Baptis Cengkareng Indah dapat tercapai apabila proses pembelajaran mampu membentuk pola perilaku peserta didik sesuai dengan tujuan pendidikan. Proses pembelajaran akan efektif apabila dilakukan melalui persiapan yang matang dan terencana dengan baik supaya dapat memenuhi :
1.Kesiapan peserta didik untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
2.Kesiapan peserta didik dalam menghadapi perkembangan dunia global
3.Menumbuhkembangkan penghayatan dan pengamalan terhadap iman kristiani untuk

membentuk budi pekerti yang baik.
Sebagai sekolah yang berlokasi di daerah yang terus berkembang, maka semua mata pelajaran merupakan potensi yang terus dikembangkan karena sangat relevan dengan tuntutan perkembangan zaman.

1 komentar: